Minggu, 27 Maret 2011

Balikpapan Borong Adiwiyata

BALIKPAPAN  -  Tiga dari empat kategori piala Adiwiyata tahun ini diraih empat sekolah dari Kota Minyak. Khusus untuk kategori Adiwiyata Mandiri, penyerahan penghargaan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, tanggal pada tanggal 8 Juni mendatang bersamaan dengan penyerahan piala Adipura. Sementara dua kategori lainnya diserahkan di Kementerian Lingkungan Hidup di hari yang sama.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan Syahrumsyah Setia mengatakan, peraih Adiwiyata tersebut antara lain; SDN 001 Balikpapan Selatan (Balsel) dan SMAN 1 Balikpapan yang mendapatkan kategori sekolah Adiwiyata Pratama, kemudian SMPN 1 Balikpapan meraih kategori Adiwiyata Madya, dan SDN 003 Balsel mendapatkan Adiwiyata Mandiri.

“Baru itu informasi pasti yang kita peroleh. Kalau Adipura, sampai saat ini belum ada kabar pasti kita (Balikpapan) dapat atau tidak. Dua atau tiga hari lagi mudah-mudahan kepastiannya diterima,” ucap Syahrum-sapaan Syahrumsyah kepada Kaltim Post kemarin.

Dijelaskan, Adiwiyata adalah program yang mewujudkan sekolah berwawasan dan peduli lingkungan. Sasarannya, SD, SMP, dan SMA. Indikator penilaian yaitu, pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan atau pengembangan sarana pendukung sekolah.

Sementara Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah dengan minimum kondisi pencapaian indikator sebesar 90 persen, kategori Adiwiyata Madya diberikan kepada sekolah dengan minimum kondisi pencapaian indikator sebesar 80 persen, lalu kategori Adiwiyata Pratama diberikan kepada sekolah dengan minimum kondisi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar